All About Foundation

src:google.com

Hello Beautiful(^ω^)
Kali ini kita aku akan membahas semua hal yang berhubungan dengan FOUNDATION.
Mulai dari jenis foundation, teksturnya, bagaimana menentukan jenis tipe kulit kita,etc.

Tapi sebelumnya ini akan menjadi postingan yang super panjang, jadi aku harap kalian ngga akan bosen bacanya(^O^)dan semua picture yang ada di postingan ini aku ambil dari google.

Let's get started!!!

#How To Know Your Skin Type#
Sebelum kita menentukan jenis foundation, sebaiknya kita harus tau apa tipe kulit kita.
Tipe kulit ada 5 (Dry Skin, Oily Skin, Normal Skin, Sensitive Skin, and Combination Skin), dan setiap orang memiliki tipe kulit yang ngga tetap (tergantung cuaca, makananan, diet,etc). Kalau aku sendiri kadang kulit aku oily banget kalau cuaca lagi panas-panasnya atau kalau kebanyakan makan gorengan tapi kadang jadi kering banget kalau cuaca lagi super dingin.

Gimana cara menentukannya Alo???
1. Sebelumnya pastikan wajah kalian bersih dari segala jenis makeup.
2. Wash your Face with lukewarm water, ingat ya basuh wajah kalian dengan air hangat tanpa menggunakan Face Wash sama sekali. Cukup air hangat aja.
3. Then, wait for 4 hours in room temperature.

Dan kalau kalian sudah menunggu sampai 4 jam, sekarang saatnya menentukan tipe kulit kita(ゝ。∂)
src;google.com

Normal Skin : Your skin look perfecto!! Glowing & Lembut (lucky bit*h*s).
Dry Skin : Kulit kalian terlihat supeeeerrrrrr gersang, kering, dan banyak bagian yang terkelupasnya (you look so old).
Oil Skin : Saaaannngggaaaatt berminyak di seluruh bagian wajah!!! dan juga ada kelihatan gunung-gunung kecilnya gitu di wajah kalian (just like a moon).
Sensitive Skin : Ada bagian yang berminyak di wajah kalian tapi minimal, ada bagian yang kering juga tapi ngga banyak, dan redness everywhere.
Combination Skin : Just like me!! Wajah kalian yang berminyak hanya di T-Zone, dagu, dan sebagian di daerah pipi. Dan bagian yang kering ada di sekitar mulut, pipi, bahkan ada juga yang di dagu.



#Cara Membeli Foundation#
Nah, setelah kalian tau tipe kulit kalian sekarang saatnya membeli foundation(^ω^)
Untuk kalian yang pertama kali beli foundation, sebaiknya belinya di counter yang ada di mall dulu (jangan langsung beli online, supaya lebih gampang menentukan tipe foundation yang cocok untuk wajah kalian).

1. Yang paling utama adalah foundation itu untuk meratakan warna kulit, jadi sebaiknya pilih foundation yang sesuai dengan warna kulit kita atau 1 tingkat lebih cerah dari warna kulit kalian. Jangan pilih yang 2 tingkat lebih cerah dari warna kulit wajah.
2. Jangan sekali-sekali mencoba foundation di bagian punggung tangan, soalnya warna punggung tangan dan wajah itu ber-be-da. Jadi coba nya di bagian tulang rahang dan didiamkan beberapa menit dulu.
3.  Jangan langsung membeli foundation jika hanya mencoba dengan penerangan lampu mall, coba kalian cek juga di bawah sinar matahari.



src:google.com

#Foundation For Your Skin#
Ada 3 hal yang perlu diketahui saat ingin menentukan foundation yang cocok untuk kulit kalian, yaitu Finish-nya, Coverage-nya, dan Tekstur-nya.

Finish / Hasil Akhir :
1. Glowy >>> Just like korean artist, muka kalian akan kelihatan kinclong(?) tapi buka kayak berminyak (dewy finish). Dan biasanya wajah kalian terlihat lebih muda gitu. (ex. Maybelline Fit Me Dewy Smooth, NARS Sheer Glow, dan Bare Minerals Complexion Rescue)

2. Matte >>> Wajah kalian jadi bebas minyak, tapi kadang Matte foundation ini bisa bikin kulit kelihatan lebih tua gitu (soalnya kelihatan banget kalau kita lagi pakai foundie). (ex. Rimmel Stay Matte Liquid Mousse, MAC Studio Fix Foundation,dan Maybelline Fit Me Shine Free Foundation Stick)

3. Satin >>> Gabungan antara Glowy dan Matte. (ex. Max Factor Miracle Touch, NYX Mineral Stick Foundation, dan Giorgio Armani Luminious Silk Foundation)

Coverage / Ketebalan :
1. Sheer >>> Cocok untuk kalian yang memiliki tipe kulit normal (sheer coverage ini sama sekali ngga menutupi imperfections yang ada di wajah kita). (ex. MUFE Face & Body, MAC Face & Body, Maybelline Dream Wonder Fluid Touch Foundation, dan Bare Mineral Complexion Rescue)

2. Medium >>> Lebih pekat, dan ngga terlalu menutupi imperfections yang ada di wajah kita. (ex. Maybelline Fit Me, MUFE HD Foundation, Benefit Hello Gorgeous Cream Foundation, dan Urban Decay Naked Skin UD Powder Foundation)

3. Full >>> Kalau kalian memiliki banyak imperfections yang ada diwajah kalian, sebaiknya cari foundation yang memiliki full coverage. (ex. Make Over Ultra Cover Matte Liquid Foundation, MAC Studio Fix Fluid, MAC Studio Fix Powder Foundation, dan Kryolan TV Paint Stick)

Texture / Teksturnya :
1. Liquid Foundation >>> Cocok untuk semua jenis kulit, dan gampang ditemukan dimanapun. 
2. Cream Foundation >>> Teksturnya lebih pekat dan halus (lebih intens), memiliki banyak kandungan pelembab, lebih gampang diratakan, dan bisa menutupi garis-garis halus wajah. Cocok untuk kalian yang memiliki kulit kering.
3. Two Way Cake / Compact Foundation >>> Cocok untuk kalian yang hobi traveling, bisa digunakan untuk semua jenis kulit (tapi menurutku lebih cocok untuk kulit berminyak). Kalau kalian ingin menggunakannya sebagai foundation cukup basahi spons-nya aja, dan kalau kalian ingin menggunakannya sebagai powder cukup gunakan spons kering. 
4. Sheer Foundation >>> Teksturnya ringan, lembut, dan natural. Selain itu mudah diratakan.
5. Matte Foundation >>> Tidak membuat kulit berminyak, sangat cepat kering. Cocok untuk kalian yang memiliki wajah berminyak.

6. Oil Based Foundation >>> memiliki bahan utama minyak jadi cocok untuk kalian yang memiliki kulit kering (jangan lupa dikocok, supaya formulanya larut dengan sempurna).
7. Light Reflecting Foundation >>> Mengandung partikel khusus yang bisa merefleksikan cahaya, hasilnya wajah kita jadi lebih muda. And by the way banyak loh model runway yang memakai foundation ini.
8. Tinted Moisturizer >>> Pelembab berwarna yang ngga memberikan coverage sama sekali, tapi meratakan warna kulit kita. Cocok untuk kalian yang pingin terlihat natural.
9. Stick >>> Tahan lama diwajah, dan rata-rata mampu menutupi noda hitam di wajah kita. Cocok untuk kulit normal dan berminyak.
10. Mousse >>> Menyerupai busa yang sangat halus, dan rata-rata memiliki full coverage. Cocok untuk semua jenis kulit terutama untuk kalian yang keriput karna tidak menggumpal di daerah yang mengerut itu.

src:google.com

#Cara Menggunakan Foundation#
1. Gunakan moisturizer dan primer sebelum menggunakan foundation supaya ngga terlihat cakey/terkelupas/retak.
2. Jangan campur warna foundation dengan undertone yang berbeda (warm & cool) nanti kelihatan belang, aneh, atau bahkan jadi greyish gitu.
3. Aplikasikan dengan jari >>> jadi lebih mengcover imperfections di wajah kita dan jangan lupa ditepuk-tepuk dengan fingertips.
4. Aplikasikan dengan kuas / brush >>> jadi lebih dewy / glowy dan jangan lupa ditepuk-tepuk dengan fingertips.
5. Aplikasikan dengan puff >>> jadi lebih matte dan jangan lupa ditepuk-tepuk dengan fingertips.

Nah mungkin itu aja kali ya yang aku bahas ( ´ ▽ ` )ノ
Oiya kalau ada yang mau kalian tanyakan atau mau kalian tambahin silahkan comment di bawah ini.
Kalau kalian suka blog aku you can be my new family dengan cara follow Google+ dan GFC aku.
Kalau kalian mau kenalan lebih dekat, bisa follow instagram atau add facebook aku(≧∇≦)

Dan hari ini aku mengadakan TIY pertama looohhh.. Ikutan yaaa ☆〜(ゝ。∂)
Byebye~~ love you all sweetheart(^O^)